[Pilkada Jabar 2013] Ini Lho.. Janji 100 Hari Dede Yusuf | Lebih Dari Sekedar Blog Informasi dan Tutorial

You are here:
Home » Pilkada » [Pilkada Jabar 2013] Ini Lho.. Janji 100 Hari Dede Yusuf

[Pilkada Jabar 2013] Ini Lho.. Janji 100 Hari Dede Yusuf

 

dedejusuf

Salah satu calon Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, menjanjikan tiga program unggulan pada 100 hari kerjanya jika terpilih nanti. Pertama, ia akan menjamu warga miskin penerima program bedah rumah di pelosok dan daerah perbatasan di Gedung Pakuan atau kediaman resmi Gubernur Jawa Barat, Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 1, Kota Bandung.

“Selama ini saya bermalam di rumah warga yang tidak layak huni, nah sekarang gantian mereka yang saya kasih kesempatan bermalam di rumah dinas gubernur sekaligus penyerahan bantuan dana rumah tinggal layak huni,” kata Dede dalam pernyataan tertulis yang diterima Tempo, Jumat, 8 Februari 2013.

Ketua tim sukses pasangan calon Dede Yusuf-Lex Laksamana, Didin Supriadin, yang dihubungi Tempo mengatakan, warga miskin yang diundang nantinya kemungkinan tidak hanya sekali, namun bisa beberapa kali. “Itu untuk memberikan yang terbaik ke masyarakat,” kata Didin.

Program kedua adalah membagikan kartu Tri Bakti bagi warga miskin di seluruh Jawa Barat. Kartu tersebut merupakan bentuk pelayanan sembilan kebutuhan dasar hidup masyarakat, meliputi bebas biaya pendidikan hingga SMA, berobat, biaya pemakaman, sertifikat lahan pertanian, dan advokasi hukum. Juga gratis biaya menikah, kuliah bagi mahasiswa miskin berprestasi, jaminan kredit, serta biaya pemasangan instalasi listrik.

Program ketiganya adalah melanjutkan kegiatan menginap di rumah warga miskin, blusukan sambil berkantor di kampung bersama para pimpinan organisasi pemerintah daerah (OPD). Tujuannya untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di wilayah kunjungan.

Konsep kantor di lembur (kampung) itu, menurut Dede, untuk menekan biaya dinas. Biaya hotel dialihkan untuk menyewa rumah penduduk. Biaya katering nantinya diberikan pada ibu-ibu PKK. Adapun biaya sewa ruang rapat di gedung akan dialihkan untuk meminjam aula desa, kecamatan, atau kepala daerah.

Dede juga akan memaksa kepala dinas atau badan di Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk ikut bersamanya. “Selama ini saya sendiri yang berkantor di lembur, besok kepala dinas saya wajibkan ikut tanpa biaya besar. Semua bermalam di rumah warga yang tidak layak huni seperti yang sudah saya jalankan lima tahun ini,” kata Dede.

Adapun bupati, wali kota, hingga tingkat aparat kecamatan dan kelurahan juga dia harapkan ikut serta agar tahu masalah nyata di masyarakat dan mengatasinya lewat program kerja dalam musyarawah rencana pembangunan.

Sumber : Tempo

     

Leave a Reply to this Post

CommentLuv badge

Feb
9
2013
 
 
Lebih Dari Sekedar Blog Informasi dan Tutorial Search form
Flag Counter
eXTReMe Tracker

PING  |  PING  |  PING