[Pilkada Bandung 2013] Ridwan Kamil Optimistis Yakin Diusung Partai Besar | Lebih Dari Sekedar Blog Informasi dan Tutorial

You are here:
Home » Pilkada » [Pilkada Bandung 2013] Ridwan Kamil Optimistis Yakin Diusung Partai Besar

[Pilkada Bandung 2013] Ridwan Kamil Optimistis Yakin Diusung Partai Besar

 

ridwankamilisi

Langkah Ridwan Kamil menjadi calon Walikota Bandung belum 100 persen bisa terwujud. Perolehan suara dari 23 nonparlemen yang mendukungnya baru 6,47 persen. Untuk lolos ikut Pilwalkot nanti, ia harus mendapat dukungan dari parpol besar yang minimal memiliki 9 persen suara. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun yakin diusung partai besar.

Ridwan Kamil dikenal sebagai sosok profesional muda pituin Bandung yang berprofesi ahli tata kota, arsitek, dan dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pria berkacamata ini pegiat komunitas-komunitas di Bandung. Sepanjang kariernya, Kang Emil banyak mendesain dan menata kota-kota di Timur Tengah, Cina, dan Asia Tenggara.

“Saya tetap memilih menjadi Bandung 1 (Walikota). Karena saya memiliki modal. Selain itu saya optimistis mendapat dukungan dari partai besar,” jelas Kang Emil usai mendeklarasikan diri maju Cawalkot dalam Pilwalkot Bandung 2013 yang digelar di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Minggu (10/3/2013).

Modal dimaksudnya yakni dukungan dari 23 parpol nonparlemen dan menempati nomor pertama dalam survei Indonesia Strategic Institute (Instrat). Selain itu, Kang Emil mengaku jalinan komunikasi politik sudah dijajaki dengan Gerindra, PPP, PKS, dan Demokrat. Seperti diketahui, PKS dan Demokrat merupakan partai besar yang bisa mengusung pasangan calon tanpa perlu koalisi dalam Pilwalkot Bandung 2013. PKS dan Demokrat secara resmi belum menentukan siapa jagoannya.

“Komunikasi sudah dengan Gerindra. Kalau PPP masih dirumuskan di tingkat DPW. Kalau PKS dan Demokrat peluangnya fifty-fifty,” tutur Kang Emil.

Jika Gerindra, PPP, dan 23 parpol nonparlemen bersatu, maka raihannya bisa 16 persen suara. Emil pun bisa diusung tanpa perlu dikatrol PKS atau Demokrat. Seandainya begitu, ia pun bakal mencari pasangan yang cocok menduduki kursi calon wakil walikota atau Bandung 2. Salah seorang yang dibidiknya yakni Dandan Riza Wardhana (Kepala BPPT Kota Bandung) .

Peta politik diakui Emil bisa berubah-rubah. Namun ia merasa percaya diri tetap maju Cawalkot Bandung. Alasannya, ia ingin bekerja untuk Kota Bandung dengan menjalankan roda pemerintahan secara amanah, dan inovasi.

“Saya ini tipe pekerja. Kalau tidak diberi pekerjaan, maka saya salah. Kehidupan saya secara materi dari perusahaan. Maka itu saya akan berusaha memberikan sisa waktu untuk masyarakat. Saya tidak mencari materi dalam menjabat jadi walikota,” tuturnya.

Demokrat selama ini digadang-gadang mengusung Erwan Setiawan yang kini menjabat Ketua DPRD Kota Bandung. Sedangkan PKS masih menggodok dua kader internalnya yakni Oded M Danial, dan Yudi Widiana. Target mereka mendorong kadernya maju sebagai Bandung 1.

Apakah Emil siap dicalonkan Bandung 2 kalau salah satu partai besar itu meminangnya? “Kalau seperti itu (tawaran calon wakil walikota), saya akan pertimbangkan. Tapi saya tetap bisa berpeluang untuk Bandung satu. Saya optimistis tujuh puluh persen menjadi Bandung satu,” ujar Emil.

Sumber : Detik

     

Leave a Reply to this Post

Mar
10
2013
 
 
Lebih Dari Sekedar Blog Informasi dan Tutorial Search form
Flag Counter
eXTReMe Tracker

PING  |  PING  |  PING