[Pilkada Madiun 2013] Pendaftaran Calon Bupati Madiun Dibuka Lagi | Lebih Dari Sekedar Blog Informasi dan Tutorial

You are here:
Home » Pilkada » [Pilkada Madiun 2013] Pendaftaran Calon Bupati Madiun Dibuka Lagi

[Pilkada Madiun 2013] Pendaftaran Calon Bupati Madiun Dibuka Lagi

 

90686_475

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jum’at, 29 Maret 2013, membuka kembali pendaftaran calon bupati dan wakil bupati setelah pada pendaftaran sebelumnya hanya satu pasangan calon yang memenuhi syarat.

Mulai hari ini hingga 2 April 2013, dibuka pendaftaran untuk bakal calon perseorangan (independen),” kata Anggota KPU Kabupaten Madiun Divisi Pencalonan Mahfudz Daroini.

Adapun pendaftaran bakal calon yang diusung partai politik akan dilakukan setelah masa pendaftaran bakal calon independen berakhir. Namun, hingga menjelang petang, belum ada satu pun yang mendaftar.

Pada pendaftaran pertama 22-26 Desember 2012 lalu juga tidak ada bakal calon dari jalur independen yang mendaftarkan diri.

Mahfudz menduga, keengganan untuk maju melalui jalur independen karena beratnya persyaratan yang harus dipenuhi. Setiap calon harus mengumpulkan dukungan minimal empat persen dari jumlah penduduk untuk kabupaten dan kota yang berpenduduk 500 ribu hingga 1 juta jiwa.

Kabupaten Madiun berpenduduk sekitar 800 ribu jiwa. Maka jumlah dukungan yang harus dikumpulkan, yang ditandai dengan foto kopi kartu tanda penduduk, harus mencapai minimal 32.068 jiwa. ”Selain itu juga disyaratkan pendukungnya tersebar setidaknya di delapan kecamatan,” ujar Mahfudz.

Ihwal dibukanya kembali pendaftaran karena pasangan Sukiman-Sugito yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Golkar dinyatakan tidak memenuhi. Legalisasi ijazah SMA Sugito menjadi penyebab lantaran dibatalkan oleh Dinas Pendidikan. Sedangkan pasangan yang lolos verifikasi adalah duet inkumben, Muhtarom-Iswanto yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrat.

KPU Kabupaten Madiun harus menjadwal ulang tahapan sosialisasi, pendaftaran, hingga pemungutan suara. Semula, pemungutan suara akan dilakukan pada 25 Mei 2013. Namun harus diundur pada 19 Juni 2013.

”Penjadwalan ulang sudah kami sosialisasikan kepada partai politik dan masyarakat melalui pertemuan maupun di media massa dan website KPU Madiun,” ucap Ketua KPU Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni.

Sumber : Tempo

     

Leave a Reply to this Post

CommentLuv badge
Mar
29
2013
 
 
Lebih Dari Sekedar Blog Informasi dan Tutorial Search form
Flag Counter
eXTReMe Tracker

PING  |  PING  |  PING